Apa itu Desain Pemodelan Grafik?
Saat kita Mendengar “desain
pemodelan grafik”, pasti yang pertama kali terlintas di fikiran kita ini
berhubungan dengan sebuah gambar atau rancangan suatu objek. Tapi, sebenarnya
apa si Desain Pemodelan Grafik itu?
Kali ini saya akan membahas tentang desain pemodelan grafik. Namun sebelum kita
membahas topik utamanya, alangkah baiknya kita memahami pengertian setiap kata
terlebih dahulu.
Desain
Mendengar kata desain, yang
terfikir adalah sebuah model atau cara atau proses untuk mendapatkan suatu
obyek baru. Jika kita bandingkan dengan model maka desain adalah unsur terkecil
dari suatu model. Menurut wikipedia, desain diartikan sebagai suatu seni
terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya dan desain memiliki arti "proses untuk membuat
dan menciptakan obyek baru". Dari pengertian tersebut dapat
terlihat bahwa desain merupakan suatu gambaran atau suatu pola yang akan
memiliki tujuan untuk menghasilkan sesuatu. Sebagai contoh adalah desain rumah.
Desain tersebut berbentuk sketsa rumah yang dibuat oleh seorang arsitek. Desain
rumah tersebut dibuat unruk memenuhi keinginan seseorang untuk mempermudah
proses pembangunan rumah.
Pemodelan
Pemodelan merupakan tahap dimana
akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat dan di desain akan dibentuk
seolah-olah benar-benar nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat
secara 3 dimensi. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa
langkah saat pembuatannya. Misalnya menentukan obyek apa yang akan dibuat,
metode apa yang akan digunakan, serta animasi apa yang sesuai dengan tujuan
pembuatan obyek tersebut.
Grafik
Grafik identik dengan suatu
garis-garis, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara-cara membentuk
bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga di
definisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan
citra.
Dari ketiga definisi tersebut
maka dapat disimpulkan bahwa Desain Pemodelan Grafik merupakan suatu proses
dimana akan diciptakan suatu obyek baru menggunakan suatu perangkat lunak yang
melalui tahapan-tahapan yaitu membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan
citra.
Kegiatan yang berkaitan dengan Desain Grafik ;
1.
Pemodelan Geometris
2.
Rendering
3.
Animasi
4.
Graphics Library
5.
Application program mematakan objek aplikasi ke
tampilan/citra dengan memanggil Graphics library
6.
Hasil dari interaksi user menghasikalkan citra
7. Citra
merupakan hasil akhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dll.
Beberapa software yang biasa
digunakan dalam desain grafis:
Desktop Publishing
·
Adobe Photoshop
·
Adobe Illustrator
·
Adobe Indesign
·
Coreldraw
·
GIMP
·
Inkscape
·
Adobe Freehand
·
Adobe image ready
·
CorelDraw
·
Adobe Page Maker
·
Paint Tool SAI
Webdesign
·
Adobe Dreamweaver
·
Microsoft Frontpage
· Adobe Photoshop
Audio Visual
·
Adobe After Effect
·
Adobe Premier
·
Final Cut
·
Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
·
Ulead Video Studio
·
Magic Movie Edit Pro
·
Power Director
Rendering 3 Dimensi
·
3D StudioMax
·
Maya
·
AutoCad
·
Google SketchUp
·
Light Wave
·
Blender
·
Softimage
No comments:
Post a Comment